D-DART Universitas Diponegoro Lawan Pandemi Covid-19 dengan Melakukan Penggalangan Dana untuk Membantu Kelangkaan APD

Semarang (30/4). Semakin bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia mengakibatkan kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh tenaga medis di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Oleh karena itu, Diponegoro-Disaster Assistance Response Team (D-DART) membuat penggalangan dana yang sudah dimulai sejak bulan Maret untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 di Indonesia. 

“Tujuan dari penggalangan dana yang dilakukan oleh D-DART ini adalah untuk membantu tenaga medis yang membutuhkan APD yang saat ini ketersediaannya terbatas, maka D-DART adalah tim penanggulangan bencana Universitas Diponegoro yang bertugas membantu menangani bencana di Indonesia, oleh karena itu saat terjadi kasus Covid-19 ini D-DART mencoba memproduksi berbagai jenis APD sendiri untuk memenuhi kebutuhan para tenaga medis.” kata Rahmawan Prih Basuki, S.E., Akt. M.Si selaku Bendahara D-DART dalam wawancara di kantor LPPM, Kamis (30/4/2020)

Masyarakat menyambut positif dengan adanya kegiatan penggalangan dana ini, bahkan dalam sehari donatur yang berkontribusi bisa mencapai ratusan orang. Jumlah donasi yang didapatkan sampai tanggal 30 April 2020 sudah mencapai Rp 346.639.323. Donasi yang diperoleh itu pun digunakan untuk memproduksi alat perlindungan tenaga medis seperti Face Shield, Hand Sanitizer, Headbox, Masker Nano, Bilik Swab, untuk penyemprot desinfektan di area Universitas Diponegoro dan lain-lain. Hingga saat ini D-DART telah mendistribusikan APD ke beberapa rumah sakit di Indonesia, contohnya RSUP Dr.Kariadi Semarang, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), RSUD Tugurejo, dan masih banyak rumah sakit lainnya bahkan sudah mencapai luar pulau Jawa. 

Untuk membantu tenaga medis yang membutuhkan APD, Penggalangan Dana untuk Covid-19 masih berlangsung sampai sekarang, donasi yang didapatkan akan  digunakan untuk memproduksi APD dan didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Indonesia. Bagi yang ingin ikut berdonasi dapat melalui transfer bank ke Bank BTN Tembalang, nomor rekeningnya adalah 00175-01-50-004882-8 a.n Undip-Ika Undip Peduli Bencana.