D-DART Terus Tingkatkan Produksi Masker Bedah, Kini Capai 1254 Pieces


Tahap pemotongan masker bedah yang dilakukan oleh mahasiswa

Menginjak hari ke-20 kerja sama Diponegoro-Disaster Asistance Response Team (D-DART) dengan sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim KKN Tematik Darurat Covid-19, produksi masker bedah telah mencapai angka 1254 pieces. Produksi bertempat di Laboraturium Holistik Keperawatan Fakultas Kedokteran UNDIP, Tembalang. Kegiatan ini merupakan salah satu terobosan D-DART untuk mengahadapi pandemi Covid-19.

Langkah D-DART ini merupakan bukti nyata partisipasi Universitas Diponegoro di tengah pandemi Covid-19 dalam meningkatkan produksi masker bedah. Sebanyak 950 pieces diproduksi di minggu pertama , kemudian mengikuti 304 pieces di minggu selanjutnya. Selain produksi masker bedah, mahasiswa yang tergabung dalam Tim KKN Tematik juga mengembangkan kreativitasnya melalui studi literatur untuk inovasi masker bedah.

Walaupun KKN Tematik akan selesai dalam waktu dekat ini, namun produksi masker bedah oleh D-DART akan tetap berlanjut tentunya dengan inovasi-inovasi baru mengikuti kebutuhan masyarakat seperti kenyamanan saat digunakan, keefektifan produksi dan sebagainya. Selain produksi masker bedah, D-DART juga aktif memproduksi APD lain seperti masker nano filter,face shield dan hazmat.